Departemen Keuangan AS Sanksi Mantan Menteri Keuangan Bulgaria untuk Tuduhan Korupsi Terkait Perjudian di bawah Hukum Magnitsky, tetapi Goranov Tidak Setuju

US Treasury Sanctions Former Bulgaria’s Finance Minister for Gambling-Related Corruption Allegations under Magnitsky Law, but Goranov Disagrees

Mantan menteri keuangan Bulgaria dan rekan dekat mantan Perdana Menteri negara itu Boyko Borisov, Vladislav Goranov, saat ini sedang mengalami reaksi pemerintah dan peraturan. Baru-baru ini, ia menjadi salah satu individu yang ditambahkan oleh AS ke dalam daftar sanksi berdasarkan ketentuan Hukum Magnitsky global. Tuan Goranov sekarang menghadapi tuduhan korupsi yang signifikan terkait dengan industri perjudian, bersama dengan beberapa mantan pejabat pemerintah lainnya.

Diduga, Goranov menggunakan posisinya sebagai pejabat tinggi pemerintah dengan menggunakan cara-cara yang tidak jujur, tidak adil, dan ilegal untuk menghasilkan uang. Akhir pekan lalu, baik AS maupun Inggris menegaskan bahwa mantan menteri keuangan Bulgaria menerima jutaan dolar sebagai suap sebagai imbalan atas bantuannya untuk memfasilitasi persetujuan oleh Komisi Perjudian Negara negara itu.

Seperti disebutkan di atas, daftar yang diperbarui berdasarkan Undang-Undang Magnitsky mencakup sejumlah mantan pejabat pemerintah Bulgaria lainnya – mantan wakil dan mantan menteri energi Rumen Ovcharov, serta mantan bos Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir “Kozloduy” Alexander Nikolov dan Ivan Genov. Nikolai Malinov juga bergabung dengan mereka, setelah dituduh melakukan spionase demi kepentingan Federasi Rusia.

Vladislav Goranov Sanksi atas Dugaan Manipulasi Hukum Perjudian untuk Menguntungkan Tokoh Tertentu

Alasan utama sanksi yang dihadapi oleh mantan menteri keuangan Bulgaria Vladislav Goranov berdasarkan undang-undang Magnitsky adalah dugaan manipulasi undang-undang yang mendukung beberapa kalangan bisnis perjudian dan menyebabkan kerugian pajak hampir BGN 600 juta.

Menurut Kantor Pengawasan Aset Asing (OFAC) Departemen Keuangan AS, Tuan Goranov menggunakan posisinya sebagai menteri keuangan untuk memfasilitasi penyuapan pejabat pemerintah Bulgaria dan, akibatnya, merampas pendapatan pajak Departemen Keuangan negara untuk keuntungan oligarki Bulgaria. Sebagai menteri keuangan, Goranov diduga terlibat dalam skema korupsi yang menghasilkan beberapa pejabat Bulgaria puluhan juta euro sebagai imbalan untuk mendukung undang-undang yang mendukung kalangan tertentu dalam bisnis perjudian. Langkah-langkah tersebut, jelas, terkait dengan skandal perubahan undang-undang perjudian yang menguntungkan Vasil “The Skull” Bozhkov, seorang multimiliuner Bulgaria dan mantan maestro judi. Bozhkov adalah salah satu nama pertama yang muncul di daftar Magnitsky, bersama dengan Delyan Peevski dan Ilko Zhelyazkov, pada saat Inggris memberlakukan sanksinya sendiri terhadap beberapa pengusaha dan pejabat pemerintah yang kontroversial. Tuduhan yang dihadapi ketiganya pada 2021, bagaimanapun, tidak didukung oleh kantor kejaksaan Bulgaria.

US OFAC mendefinisikan Goranov sebagai orang yang telah terlibat – secara langsung atau tidak langsung – dalam korupsi, termasuk penyelewengan aset Pemerintah, korupsi yang berkaitan dengan pengadaan Pemerintah atau ekstraksi sumber daya alam, perampasan aset pribadi untuk keuntungan pribadi, atau penyuapan. Daftar sanksi di bawah undang-undang Magnitsky juga termasuk perusahaan mantan menteri, Trilema Consulting, karena secara langsung atau tidak langsung dimiliki atau dikendalikan oleh Tuan Goranov. Langkah-langkah tersebut telah diberlakukan berdasarkan ketentuan Executive Order 13818.

Undang-Undang Magnitsky dibuat pada tahun 2012 sebagai tanggapan atas kematian pengacara Rusia Sergei Magnitsky pada tahun 2009 di penjara Rusia, yang dilaporkan diatur oleh pejabat Pemerintah. Pada saat dibuat, Undang-undang tersebut berusaha untuk menghukum individu yang dilaporkan telah berpartisipasi dalam korupsi Pemerintah, serta tersangka pelanggar hak asasi manusia.

Goranov Mengklaim Departemen Keuangan AS “Tersesat” untuk Mengutip “Fakta Palsu”

Tuan Goranov mengomentari pencantumannya pada daftar sanksi di bawah undang-undang Magnitsky untuk pusat media Bulgaria, mengatakan bahwa fakta palsu diklaim oleh Departemen Keuangan AS. Menurutnya, tuduhan utama terhadapnya tidak benar secara faktual dan dia yakin otoritas AS yang kompeten telah disesatkan.

Mantan menteri keuangan Bulgaria juga mencatat bahwa masalah kegagalan perjudian adalah masalah yang sangat menyakitkan baginya. Dia mengklaim bahwa dialah yang telah mengidentifikasi masalah di Komisi Perjudian negara dan menyadari bahwa sistem tersebut tidak berfungsi dengan baik karena telah “dibesar-besarkan”. Goranov juga mencatat bahwa dialah yang membuat industri perjudian di Bulgaria sampai mulai diatur oleh Badan Pendapatan Nasional (NRA).

Menurut Tuan Goranov, Komisi Perjudian tidak membaca hukum dengan baik dan telah disesatkan oleh penyelenggara perjudian.

Dia percaya bahwa pencantumannya dalam daftar di bawah Undang-Undang Magnitsky merusak reputasi tidak hanya untuk dirinya tetapi juga untuk GERB, partai politik yang didirikan dan dipimpin oleh mantan Perdana Menteri Bulgaria Boyko Borisov. Untuk saat ini, Vladislav Goranov tetap menjadi anggota GERB tetapi tidak berada di badan pengatur partai selama beberapa tahun.

Author: Christian Alexander